SISILAIN FOTOGRAFI

Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

· A
Simboluntuk Auto yaitu mode otomatispenuh, mulai dari pengturan diafragma (Aperture),Sutter Speed, ISO, Flash, dan lain sebagainya.

· ASA
Singkatandari American Standards Assosiation atau disebut juga dengan istilah ISO (InternationalOrganisation of Stanrization) adalah parameter yang digunakan untukmengukur tingkat kepekaan dan sensitifitas film dari cahaya. Semakin rendahangka ASA/ISO (contoh 80), maka akan semakin rendah pula tingkat kepekaan cahyapada film. Semakin tinggi ASA/ISO (misal 1600), maka makin tinggi pila tingkatkepekaan cahya

· Aperture
Apertureadalah bukaan diafragma yang mengtur banyaknya cahaya yang akan diteruskan olehlensa. Aperture dilambangkan dengan huruf F, contoh F2.8, F4, F5.6, F8 danseterusnya. Semakin kecil angka f, maka bukaan diafragma akan semakin besar,sedangkan semakin besar angka f, maka bukaan diafragma akan semakin kecil.

· AF
AFmerupakan istilah untuk Auto Focus ataufokus otomatis. AF adalah proses bekerjanya lensa secara otomatis untukmenemukan focus dari objek yang akan difoto dengan cara menekan setengah daritombol Shutter.

· AV Priority
Merupakanpengturan kamera yang lebih memprioritaskan besarnya bukaan diafragma (Aperture), sementara Shutter Speed akan menyesuaikan secaraotomatis.

· Blitz
Blitzdisebut juga dengan flash, adalahcahaya kilat yang berguna untuk membantu pencahyaan pada objek ketika tombol shutter ditekan.

· Bounce
Bounceadalah cahaya flash yang dipantulkan,sehingga cahaya tersebut tidak langsung memancar ke objek. Tujuan menggunakanbounce adalah agar cahaya yang di hasilkan lebih lembut (Soft) dan merata.

· Back light
Backlight adalah sumber cahaya yang berada dibelakang objek, sehingga akanmenghasilkan effek siluet (Silhouete)pada foto.

· Bulb
Bulbadalah Shutter Speed yang di tentukansesuai dengan lamanya menekan tombol Shutter.

· CCD
CCDatau Charge Couple Device digunakansebagai media penangkap cahaya atau gambar pada kamera digital.

· CMOS
CMOSadalah singkatan dari Complementary MetalOxide Semiconductor, berfungsi sama dengan CCD, hanya saja konsumsi dayayang dibutuhkan lebih rendah.

· DOF
Singkatandari Depth of Field, biasa disebutdengan ruang tajam, yaitu ruang tertentu pada gambar tampak lebih tajam, sehinggaterlihat detailnya, sementara ruang yang lain akan tampak lebih buram (blur).

· Diafragma merupakan istilah lain dari Aperture.

· Evaluative
Evaluativeadalah istilah untuk pengukuran cahaya pada seluruh area gambar.

· EXIF
EXIFmerupakan singkatan dari ExchangeableImage File, yaitu informasi yang terekam pada saat pengmbilan foto, yaituberupa waktu, jenis kamera, aperture,Shutter Speed, dan lain sebagainya.

· Exposure
Exposureadalah istilah untuk menyebut banyaknya cahaya yang tertangkap pada sensor kamera.

· Exposure Compensation
ExposureCompensation adalah istilah untuk mengatur kompensasi cahaya sesungguhnya agarmenjadi lebih terang atau gelap.

· Focal Length
FocalLength merupakan panjang focal atau fokus, yaitu jarak antara lensa dengantitik focus pada sensor.

· Fix Lens
FixLens adalah istilah untuk lensa Fixatau tetap, tidak dapat diatur jarak focalnya.

· Flash
Flashmerupakan istilah lain untuk Blitz.

· Hot Shoe
HotShoe merupakan istilah untuk dudukan tempat flashtambahan.

· ISO
Merupakanistilah lain untuk ASA.

· M
Mmerupakan singkatan dari Manual,yaitu pengaturan kamera yang dilakukan secara manual, baik berupa Aperture, shutter Speed, metering,focus,dan lain sebagainya.

· Metering
Meteringadalah prioritas pengukuran cahaya yang umumnya terdiri dari 3, yaitu Evaluative, Center weight, dan Spot.

· MF
Adalahistilah untuk Manual Focus, yaitufocus yang diatur dengan cara manual dengan memutar focal lenght pada lensa. Kebalikan MF adalah AF (Auto Focus).

· Macro
Macroadalah teknik pengmbilan foto dimana focus gambar hanya pada objek, sehinggadihasilkan gambar detail pada objek.

· OE
OEmerupakan singkatan dari Over exposure,yaitu cahaya yang masuk terlalu banyak, sehingga bagian yang terang akansemakin terang dan cenderung silau dan berwarna putih.

· P
Pmerupakan singkatan dari Program,yaitu mode pada kamera yang secara otomatis akan mengatur pembuakaan diafragma(Aperture) danShutter Speed sesuai dengan kondisi cahaya pada saat objek gambartersebut terekam. Pengaturan pencahayaan hanya dapat diatur padaExposure compensation.

· Rana
Merupakanistilah lain untuk Shutter, yaitutirai yang dapat membuka dan menutup untuk mengtur banyaknya cahaya yang masukkesensor. Semakin lama bukaan rana, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak,kecepatan rana (Shutter Speed)menggunakan satuan detik.

· Red Eye
RedEye merupakan efek merah pada mata ketika pengambilan gambar yang dilakukanpada tempat gelap atau pada malam hari.

· TV
Merupakanistilah untuk mode Shutter Speed priority,yaitu pengaturan kamera lebih diprioritaskan pada kecepatan bukaan rana (Shutter), sementara bukaan diafragma (Aperture) akan menyesuaikan secaraotomatis.

· Tele Lens
Adalahistilah untuk lensa tele, yaitu lensa yang digunakan untuk mendekatkan objek yangjauh.

· TTL
TTLmerupakan singkatan dari Trough The Lens,yaitu pengukuran cahaya yang dilakukan melalui lensa.

· USM
USMadalah singkatan dari Ultrasonic Motor,yaitu motor penggerak dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi, yang terdapatpada lensa. Motor ini akan bekerja ketika lensa di set pada mode AF (Auto Focus).

· Under Exposure
UnderExposure adalah istilah untuk hasil foto yang tampak lebih gelap dari aslinya.

· View finder
Viewfindermerupakan sebutan untuk jendela bidik yang terdapat pada kamera.

· Wide Angle
Wideangle adalah istilah untuk sudut yang lebar dan objek tampak menjadi lebihkecil dan jauh.

· Zoom
Zoommerupakan istilah pada pengturan jarak dengan cara memutar(memajukan-memundurkan) fokal (FocalLength) pada lensa.

Categories:

Leave a Reply

Followers

Entri Populer